Keuangan

Getting Rid of Your Debt Quickly… And What to Do When You’re Free

Satu survei memperkirakan bahwa setiap orang Amerika berutang lebih dari $7.000 pada kartu kredit mereka sendiri, dan rata-rata pinjaman utang umum per orang lebih dari $15.000. Selain itu, setiap lulusan universitas sudah dibebani oleh pinjaman yang melewati $ 35.000 ketika mereka meninggalkan universitas. Apakah statistiknya mengejutkan Anda?

Sebagian besar dari Anda berutang sejumlah utang yang bernilai ribuan dolar. Dan setiap bulan, Anda membayar bunga atas uang yang Anda pinjam – bunga yang bertambah seiring waktu. Jadi mengapa tidak melunasi semua hutang sesegera mungkin? Setelah dibebaskan dari hutang, Anda tidak perlu membayar pembayaran bulanan atau jumlah bunga apa pun.

Terdengar keras? Bagaimana Anda membayar kembali pinjaman Anda? Sulit untuk memastikan, jika Anda bertekad, Anda dapat mengendalikan situasi keuangan Anda dengan baik. Kami akan berbagi dengan Anda beberapa tips luar biasa yang akan memungkinkan Anda untuk melunasi hutang Anda dengan cepat, dan kemudian kami akan berbicara tentang apa yang harus Anda lakukan setelah Anda bebas dari hutang.

1. Bayar lebih dari jumlah minimum

Ini adalah tip yang berlaku untuk kartu kredit Anda, pinjaman mahasiswa dan pinjaman pribadi lainnya. Mengingat kartu kredit, saldo rata-rata setiap individu adalah sekitar $ 15.000 seperti yang telah kami sebutkan di awal. Jika APR adalah 15%, itu berarti jumlah minimum yang harus dibayarkan ke bank hanya $625, yang harus Anda bayar dalam waktu sekitar 13,5 tahun. Bukankah itu terlalu lama? Selain itu, jangan lupa, Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk melunasi jumlah pinjaman jika Anda terus menggunakan kartu kredit Anda untuk pembelian lain selama ini.

Alih-alih membayar jumlah minimum, pembayaran bulanan Anda harus sebanyak yang Anda mampu. Ini akan membantu Anda menghemat ribuan dolar dalam bunga dan memungkinkan Anda untuk melunasi pinjaman Anda lebih cepat. Tetapi sebelum menggunakan tip ini, pergilah ke bank Anda dan periksa apakah tidak ada penalti pembayaran di muka.

2. Coba metode bola salju

Metode bola salju adalah strategi populer untuk melunasi hutang Anda, yang sekali lagi didasarkan pada pembayaran lebih dari jumlah minimum. Daftar semua hutang Anda mulai dari yang terkecil, yang Anda hadapi terlebih dahulu. Gunakan kelebihan dana Anda dan bayar lebih dari jumlah minimum untuk hutang terkecil. Untuk hutang Anda yang lebih besar lainnya, Anda selalu harus membayar jumlah minimum.

Sekarang setelah Anda melunasi hutang terkecil, Anda dapat pergi ke hutang berikutnya dalam daftar Anda dan mulai membayar lebih dari jumlah minimum untuk itu. Dengan cara ini, Anda dapat terus melunasi semua hutang Anda satu per satu. Ketika saldo kecil Anda hilang, Anda melepaskan lebih banyak uang yang memungkinkan Anda melunasi hutang Anda yang lebih besar lebih cepat. Tujuan dasar dalam segala hal adalah menggunakan semua uang ekstra Anda untuk utang, mulai dari yang terkecil, sampai Anda melunasi semuanya.

3. Cobalah untuk meningkatkan aliran pendapatan Anda

Berapa banyak sumber pendapatan yang Anda miliki saat ini? Jika Anda hanya melakukan satu pekerjaan, bagaimana dengan melakukan pekerjaan paruh waktu atau bisnis lain untuk mendapatkan lebih banyak uang. Melakukannya akan memberi Anda lebih banyak kendali atas keuangan Anda, sehingga memudahkan Anda untuk bebas dari utang.

Renungkan kekuatan Anda dan lihat bagaimana Anda dapat menggunakannya. Buat akun di situs web, seperti Upwork, tempat Anda dapat bekerja sebagai pekerja lepas di berbagai industri yang berbeda. Dan bahkan jika Anda bukan seorang guru teknis, itu baik-baik saja. Anda selalu dapat mengasuh seseorang, mengambil jalan pintas atau mengambil pekerjaan sebagai kasir di toko lokal. Jadi, dapatkan uang ekstra dan gunakan untuk melunasi hutang Anda. Dan sekali lagi, lakukan ini dengan menggunakan metode bola salju yang sudah kita bahas.

4. Buat keseimbangan tulang telanjang … dan patuhi itu

Salah satu cara terbaik dan paling efektif untuk melunasi pinjaman Anda adalah dengan mengurangi semua pengeluaran Anda dan membelanjakan hanya pada jumlah minimum yang diperlukan. Sekeras apa pun, itu semua adalah salah satu cara tercepat untuk bebas dari utang, dan pasti patut dicoba untuk memperbaiki situasi keuangan Anda.

Anda dapat membuat anggaran sederhana yang memungkinkan Anda mengurangi pengeluaran sebanyak mungkin dan hidup hanya dari apa yang benar-benar diperlukan. Karena Anda semua memiliki kebutuhan yang berbeda, keseimbangan tulang telanjang Anda juga akan berbeda. Tetapi satu hal yang umum adalah kenyataan bahwa anggarannya tidak akan semewah makan di luar atau menonton film. Hindari semua pengeluaran yang tidak perlu, dan gunakan jumlah yang Anda yakini untuk melunasi hutang Anda. Dengan begitu, ketika Anda bebas utang, Anda dapat merevisi anggaran dan meningkatkan pengeluaran Anda, tetapi hanya sebanyak pendapatan Anda memungkinkan. Jangan mengambil lebih banyak hutang untuk memuaskan keinginan dan keinginan Anda.

5. Jual barang yang tidak kamu butuhkan

Cara sederhana untuk mendapatkan uang tunai cepat yang dapat Anda gunakan untuk melunasi pinjaman. Periksa semua barang Anda dan sisihkan hal-hal yang benar-benar Anda butuhkan dan gunakan secara teratur. Sekarang jual semua barang yang tersisa dan gunakan uangnya untuk bebas dari hutang. Cara termudah untuk menjual barang mungkin adalah garage sale. Tetapi jika Anda tidak diizinkan mengendarainya di lingkungan Anda, Anda dapat menjualnya secara online di berbagai situs web seperti eBay.

6. Lihat apakah Anda bisa mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah pada kartu kredit Anda

Berapa tarif dan suku bunga pada kartu kredit Anda? Dan berapa banyak uang yang mereka keluarkan? Secara umum, jumlah ini berada di sisi yang lebih tinggi, seringkali memakan sebagian besar pengeluaran Anda. Tetapi terkadang pemberi pinjaman dapat mengubah dan merevisi tarif Anda jika Anda memiliki riwayat kredit yang baik dan telah melakukan pembayaran tepat waktu. Kemudian bicarakan dengan penyedia kartu kredit Anda dan cobalah untuk menegosiasikan persyaratan yang lebih menguntungkan.

7. Negosiasikan tagihan Anda

Apakah penyedia kartu kredit Anda tidak setuju untuk menurunkan suku bunga Anda? Jangan khawatir – coba dan negosiasikan tagihan bulanan Anda yang lain sekarang. Ya, Anda dapat berbicara dengan penyedia utilitas Anda, dan mereka biasanya akan lebih dari bersedia untuk menawarkan Anda kesepakatan yang lebih baik. Mulailah dengan TV satelit dan penyedia layanan kabel Anda karena mereka biasanya yang paling ingin bernegosiasi. Persiapkan pertemuan, cari tahu tentang tarif yang ditawarkan oleh penyedia layanan lain dan kemudian presentasikan kasus Anda. Bagaimana jika tidak berhasil? Anda sudah melakukan penelitian Anda, bukan? Beralih ke penyedia yang menawarkan tarif lebih rendah untuk paket serupa. Anda juga dapat menegosiasikan tagihan Anda di Internet dengan cara yang sama. Dan omong-omong, gabungkan tagihan Internet dan TV Anda jika Anda belum melakukannya, sehingga Anda bisa mendapatkan tarif yang lebih baik saat Anda memilih penyedia yang sama untuk keduanya. Juga cobalah untuk menegosiasikan tagihan medis, premi asuransi, dan jumlah sewa Anda.

8. Pertimbangkan untuk mentransfer saldo

Strategi lain yang bisa Anda coba adalah jika penyedia kartu kredit Anda tidak setuju dengan tarif yang lebih rendah. Opsi transfer saldo cukup umum, dan jika Anda melakukan riset, Anda bahkan mungkin menemukan opsi yang memungkinkan Anda untuk mengeksploitasi APR 0% selama sekitar 12 atau 15 bulan. Mungkin ada sedikit biaya yang terlibat, biasanya sekitar 3% dari jumlah yang ditransfer, tetapi ini masih merupakan pilihan yang baik. Dalam jangka panjang, Anda dapat menghemat uang yang dapat Anda gunakan untuk melunasi hutang Anda lebih cepat.

9. Gabungkan hutang Anda

Kombinasi hutang dan kredit atau kombinasi faktur memungkinkan Anda untuk menyederhanakan semua tagihan Anda dengan menggabungkan semua hutang Anda menjadi satu pembayaran bulanan. Tidak hanya pinjaman yang lebih mudah untuk dikelola, tetapi Anda juga bisa mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah. Opsi ini dapat dimanfaatkan untuk banyak utang, banyak kreditur, dan banyak pembayaran. Semua tagihan ini diselesaikan melalui program manajemen utang, setelah itu Anda membayar satu kali pembayaran bulanan untuk 3 hingga 5 tahun ke depan. Ketika Anda melunasi semua hutang Anda dengan satu pinjaman baru, Anda menikmati banyak manfaat seperti pengurangan pengeluaran bulanan, arus kas yang lebih baik, tabungan yang lebih besar, dan stres yang berkurang. Sebelum mendaftar untuk program atau pinjaman apa pun, mungkin ada baiknya untuk mendiskusikan semua kemungkinan opsi pembayaran utang dengan penasihat keuangan.

10. Gunakan bonus Anda atau tumbuh

Apakah bos Anda memberi Anda bonus atau kenaikan tahun ini? Atau mungkin Anda memiliki pengembalian pajak. Apa pun jenis uang ekstra yang Anda hasilkan, hindari pengeluaran untuk sesuatu yang tidak perlu. Sebaliknya, ajukan pinjaman Anda dengan membayar lebih dari jumlah minimum.

11. Singkirkan kebiasaan mahal Anda

Apakah ada kebiasaan Anda yang terlalu mahal dan menghabiskan sebagian besar pengeluaran bulanan Anda? Jika Anda berhutang, Anda harus mencoba untuk menyingkirkan semua kebiasaan mahal Anda. Cari tahu cara membelanjakan uang setiap hari dan kemudian evaluasi apakah pembelian ini benar-benar sepadan atau tidak.

Minum dan merokok adalah kebiasaan yang harus Anda hentikan, tidak hanya untuk mengurangi pengeluaran Anda, tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan Anda. Jika Anda sering makan di luar, hindari juga.

12. Hindari penggunaan kartu kredit

Ketika Anda berniat untuk melunasi hutang Anda terlebih dahulu, sebaiknya Anda benar-benar berhenti menggunakan kartu kredit agar tidak menambah jumlah hutang Anda. Apakah itu terlihat sulit? Tinggalkan kartu Anda di rumah daripada menyimpannya di dompet Anda. Jika Anda akan menggunakannya untuk keadaan darurat, maka pastikan Anda membayar jumlah penuh lain kali agar tidak menambah bunga. Pilihan lain bisa menggunakan kartu debit, yang membiayai transaksi dengan jumlah di rekening bank Anda. Gunakan hanya uang Anda sehingga Anda tidak menambah hutang Anda.

Sekarang Anda bebas hutang

Ikuti tips kami, dan Anda akan dapat melunasi semua hutang Anda. Dan ketika Anda mencapai tujuan itu, apa yang Anda lakukan selanjutnya? Inilah yang kami sarankan.

Perlakukan diri Anda

Karena Anda benar-benar layak mendapatkannya setelah semua upaya untuk berhasil meminimalkan pengeluaran Anda untuk menjadi bebas hutang. Jadi mari santai, tapi jangan melakukan sesuatu yang terlalu luar biasa.

Tinjau anggaran Anda

Sejauh ini, Anda telah membayar semua uang ekstra Anda untuk menghilangkan hutang Anda, tetapi sekarang setelah tujuannya tercapai, Anda dapat menggunakan uang itu untuk hal lain. Apakah Anda pikir Anda mengalami kelelahan di tempat kerja? Mengambil liburan kemudian. Atau Anda dapat menggunakan uang itu untuk proyek perbaikan rumah.

Tapi apa pun yang Anda lakukan, buatlah rencana keuangan yang tepat. Dan rencana ini tidak boleh didasarkan pada mengambil lebih banyak uang. Karena kalau begitu, tidak ada yang bisa dibebaskan dari utang.

Tingkatkan tabungan

Karena saat ini Anda tidak memiliki utang, Anda bisa memikirkan untuk menambah dana darurat Anda. Jika rekening tabungan Anda sudah cukup mengesankan, maka mungkin Anda bisa mulai menabung untuk membeli mobil baru atau uang muka jika Anda tinggal di unit sewaan.

Tingkatkan akun pensiun Anda

Berapa banyak uang yang telah Anda sisihkan untuk pensiun sejauh ini? Temukan cara untuk meningkatkan rencana pensiun Anda. Anda dapat meningkatkan kontribusi bulanan atau pendaftaran untuk paket yang berbeda.

Ingatlah bahwa jika Anda meningkatkan kontribusi Anda hanya 5% atau 10%, semuanya meningkat dalam jangka panjang, dan menjadi signifikan saat Anda pensiun.

Pertimbangkan investasi alternatif

Mengapa penghasilan tambahan selalu diinginkan, bukan? Investasikan tabungan Anda dalam proyek atau usaha baru. Anda dapat memasuki pasar real estat, pasar saham, atau industri lainnya. Itu semua tergantung pada seberapa banyak Anda bersedia memasukkannya. Apa pun yang Anda pilih, analisis risikonya dan buat strategi mitigasi yang efektif.

Membangun bisnis sampingan

Anda juga bisa mendirikan usaha sampingan jika memiliki cukup waktu dan kemampuan berwirausaha. Baiklah, dan jika Anda cukup beruntung, tidak perlu bekerja lagi.

Ikuti blog kami untuk saran keuangan yang lebih hebat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button